Saturday, December 7, 2013

Assalamu Alaikum... kali ini ane mo posting Trik ampuh google terbaru (update)+++!! Tidak bisa dipungkiri bahwa mbah google ini memang mesin pencari yang handal, boleh dikatakan dia adalah penguasa segala informasi. Namun, terkadang informasi yang kita dapatkan kurang relevan dengan apa yang kita cari. Sudah berjam2 kita mencari sesuatu malah tidak ketemu-ketemu, jengkel kan? Apalagi kita pergi ke warnet? Huh, sudah banyak waktu yang dibuang malah informasi gak ada yang cocok. Nah, untuk menghindari itu semua saya mencoba share beberapa trik ampuh mesin google.

1. Gunakan (sinonim) keyword berbeda tapi artinya sama
Bagaimanapun informasi di internet itu dibuat oleh manusia. Cara manusia mengungkapkan sesuatu yang sama, bisa saja dengan bahasa yang berbeda. Misalnya: membuat HP, bisa saja ada orang yang menulis artikel membuat komputer dengan ejaan lain semacam merakit HP atau rakitan HP.
Jadi jika pencarian informasi sobat tidak kunjung berhasil coba pikirkan keyword-keyword lain yang kiranya artinya sama. Trik google yang satu ini membutuhkan kemampun sobat dalam berbahasa, ya katakanlah semacam sinonim.

2. Malu Bertanya Sesat di jalan (gunakanlah questios pada keyword)
Jika sobat sedang menggunakan google untuk menjawab pertanyaan? Cobalah juga gunakan kalimat tanya untuk melakukan pencarian informasi.
  • Siapa itu Adolf hittler
  • Apa rumus pytaghoras
  • Bagaimana cara menggunakan proxy
  • Bagaimana cara menggunakan google
hasilnya dengan trik google yang satu ini adalah selain lebih relevan juga pertanyaan sobat langsung terjawab bukan !?

3. Paksa Google dengan “tanda kutip” (modus pemaksaan)
Umpamanya google sobat suruh-suruh untuk mencari informasi kematian tokoh manga. Dia mungkin tidak akan memberikan hasil persis sesuai yang kita minta. Hasil pencarian mungkin akan menjadi seperti ini “kematian bla bla bla….tokoh di manga bla…bla”. OK! hasil seperti itu memang tidak bisa disalahkan karena ada faktor lain daripada hanya sekedar rangkaian keyword dalam menentukan informasi yang relevan.
Nah supaya menghasilkan pencarian informasi sesuai rangkaian keyword yang diinginkan. Gunakan salah satu trik google yaitu Tanda kutip (” keyword “) menjadi “kematian tokoh manga”. Dengan cara seperti ini akan mengurangi hasil pencarian ditambah informasi yang ditampilkan akan semakin relevan

4. Gunakan tanda Plus (+) dan Min (-)
Bukan hanya di aritmatika ada penjumlahan dan pengurangan :) . Google juga bisa kok. tentu saja  fungsinya juga sama. Rahasia Google ini sangat jarang padahal sudah jelas-jelas ditulis di bagian HELP.
Tanda (+)
untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda  kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup sobat tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.
Tanda (-)
Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.
Coba sobat bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi soal psikotes -iklan.
Bisa juga sobat menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya soal psikotes – site:lintasberita.com

5. Mencari gambar dengan resolusi yang diinginkan

Kalau mencari gambar di Google menurut resolusinya, ini sangat berguna sekali jika kita mencari wallpaper di "google images" disesuaikan layar monitor kita contohnya :

misal layar monitor kita resolusinya 1280x800pixel, dan kita mau mencari wallpapaer soccer yang berukuran segitu. Ketik saja di google images search :

Soccer imagesize:1280x800 (mencari walpaper "soccer" dengan resolusi 1280x800 px)

6. Menggunakan karakter (~) 
Kalau sobat mencari sesuatu/ googling tapi kata kuncinya kurang/ lupa pakai saja karakter (~). contohnya jika ingin mencari lagu saosin akan tetapi lupa albumnya ketikkan gini aja sob:
Highway Chance~Album

7. Cari dalam rentang numerik dengan menggunakan titik dua (..)

Jika Sobat ingin mencari informasi tentang Piala Dunia Sepak Bola peristiwa yang terjadi di tahun 1980-an, Sobat bisa menggunakan pencarian ini:

World Cup Soccer 1971..1988

8. Konversi mata uang dengan cepat

Google juga dapat melakukan konversi mata uang, misalnya:

150 rupiah in dollars

9. Memeriksa waktu saat ini pada negara manapun di dunia

Fitur ini memungkinkan Sobat untuk memeriksa waktu saat ini negara atau kota di dunia sehingga Sobat tidak menelepon seseorang di tengah malam. Untuk memeriksa waktu, cukup masukkan (waktu) (spasi) dengan (nama kota). Sebagai contoh:

time Malaysia

10. Menggunakan Google sebagai kalkulator

Google telah built-in kalkulator, hanya mencoba memasukkan perhitungan seperti
270 * ((55 / 5 ) + 3), sobat akan melihat hasilnya:
270 * ((55 / 5) + 3) = 3780

Ya, walaupun komputer sobat juga telah dilengkapi kalkulator, tetapi jika sobat menghabiskan sebagian besar hari sobat di dalam browser, mengetik perhitungan sobat ke dalam kotak pencarian browser lebih cepat daripada membuka aplikasi kalkulator sobat.


Oiya, sebagai tambahan yang Cara google menghibur kita, ada dua lagi yang perlu dicoba sobat. Ketikkan “google sphere” pada kotak pencarian google, jangan enter, atau jangan klik search (penelusuran), tapi klik pada “I’m feeling lucky”, atau untuk google.co.id klik pada “Saya lagi beruntung”, dan lihat hasilnya.
Pacman Mainan game packman di google, ternyata bisa, coba buka google.com/pacman. Dan mainkan!

0 komentar:

Post a Comment

Design by dudiromli | Blogger Theme by Rumah Bahasa Indonesia